Apa Itu Ofisi

Para imam dan para anggota Ordo Religius menggunakan sebuah buku khusus yang disebut brevir. Brevir berasal dari bahasa Latin yang berarti “pendek” atau “singkat”. Brevir berisi kumpulan doa dan mazmur yang diambil dari Kitab Suci dan dari bacaan-bacaan rohani yang lain. Brevir didoakan setiap hari pada jam-jam tertentu. Oleh karena itu, brevir juga disebut “ibadat harian” atau “ofisi” (dari bahasa Latin “officium“, yang artinya “kewajiban”).

Ofisi adalah bagian dari “peraturan hidup” yang ditetapkan oleh St. Benediktus dari Nursia. Pada abad kelima St. Benediktus menghimpun para pertapa dalam suatu komunitas yang pertama di Eropa. Ia menetapkan para biarawan dan biarawati berdoa empat hingga delapan jam sehari, tidur delapan jam dan menggunakan waktu selebihnya untuk bekerja dan belajar. Jam-jam tersebut ialah: “Matins”, saat fajar; “Prime” saat mulai bekerja; “Terce” jam 9 pagi, “Sext” siang hari; “None” jam 3 sore; “Vespers” saat matahari terbenam; dan “Compline” sebelum tidur. Banyak umat Kristiani masih menggunakan ofisi, baik dalam bentuk lengkap maupun dalam bentuk ringkas.

Ofisi membantu kita untuk membiasakan diri beribadat kepada Tuhan sepanjang hari – tidak hanya ketika kita bangun tidur atau hendak tidur. Bahkan, sesungguhnya, ofisi menyucikan jam-jam dalam hari yang kita jalani, mempersembahkan pekerjaan kita demi kemuliaan Allah. Ofisi adalah doa yang baik sekali digunakan dalam kelompok-kelompok doa. Bersama dengan saudara seiman, kita bisa saling berbagi pengalaman iman melalui doa bersama.


Apakah Gereja menganjurkan doa ofisi?

Ya, Konsili Vatikan II melalui Dekrit tentang Liturgi Suci menganjurkan agar doa ofisi didoakan oleh para religius, para imam, maupun umat awam, dan dengan demikian semua yang mendoakannya tergabung dalam kesatuan doa Gereja di seluruh dunia dalam kesatuan dengan Kristus sang Kepala. Doa-doa ini umum didoakan di biara sebanyak tujuh kali sehari, mengikuti apa yang tertulis di kitab Mazmur, "Tujuh kali dalam sehari aku memuji-muji Engkau, karena hukum-hukum-Mu yang adil" (Mzm. 119:164). Mengingat penting dan indahnya doa ini dalam kehidupan Gereja, maka Konsili mengajak semua umat untuk dapat mengambil bagian di dalam doa Gereja ini, terutama mereka yang tergabung di dalam karya-karya kerasulan Gereja. Dengan demikian, kita semua sebagai anggota Gereja, diundang untuk turut memadahkan doa pujian kepada Allah Bapa dalam kesatuan dengan Kristus dan seluruh anggota Gereja dalam doa Ibadat Harian ini.

Bagaimana cara menggunakan Ofisi Dominikan Indonesia?

Ofisi dalam bahasa Indonesia ini dapat Anda akses melalui browser komputer ataupun ponsel Anda di halaman Ofisi Hari Ini. Dalam halaman tersebut, Anda akan menemukan teks untuk ibadat pagi, sore, dan malam sekaligus. Untuk membuka teks ibadat waktu tertentu saja, arahkan kursor pada menu Ofisi Hari Ini, kemudian pilih sub-menu ibadat pagi/sore/malam. Selamat mendoakan ofisi hari ini!

Mengapa saya tidak bisa menemukan doa ofisi untuk besok atau kemarin?

Layanan Ofisi Dominikan Indonesia bersifat harian. Agar dapat menemukan doa ofisi beberapa hari selanjutnya atau sebelumnya, kami menyarankan agar Anda membeli buku ibadat harian dan perayaan Ekaristi "Verbum Veritatis" yang sangat praktis untuk digunakan.